Share/Bookmark

Menemukan kamera hilang lewat internet

No comment yet
Post kali ini mungkin tidak tepat bila disebut sebagai tutorial menemukan kamera hilang dengan cara yang mudah dan instant. Hanya saja saya ingin berbagi informasi mengenai sebuah situs web yang saya pikir sangat penting diketahui oleh para fotografer. Terutama untuk mereka yang tidak hanya ingin menemukan kamera hilang tapi juga mengetahui history atau track record dari sebuah kamera digital.
Seperti kita ketahui, setiap kali kita mengambil atau merekam gambar dengan menggunakan kamera digital, maka sebagian besar kamera digital modern sekarang ini akan secara otomatis menyertakan (embed) informasi-informasi metadata pada hasil foto kita. Informasi ini yang kita kenal sebagai data Exif (exchangeable image file format). Informasi data Exif  ini menyimpan berbagai informasi penting dari foto maupun kamera yang digunakan seperti: waktu pemotretan (baik jam maupun tanggal, dll) hingga informasi teknis pemotretan seperti seting aperture, ISO, shutter speed hingga penggunaan Flash. Untuk melihat informasi ini paling mudah adalah dengan melihat Properties lalu klik tab Details dari file foto tersebut baik dengan menggunakan Windows Explorer pada Windows maupun yang sejenisnya di Mac. Nantinya dari properti tersebut Anda dapat melihat sebagian dari informasi data Exif pada file foto tersebut. Sedangkan apabila Anda ingin melihat informasi dari metadata secara lebih lengkap Anda bisa menggunakan aplikasi seperti Adobe Photoshop kemudian memilih menu File > File Info.
meta01 Menemukan kamera hilang lewat internet
Informasi Exif dengan Windows Explorer Salah satu informasi dari data Exif yang bisa kita gunakan untuk melacak history atau track record kamera adalah informasi mengenai serial number dari kamera yang digunakan untuk mengambil foto tersebut. Serial number kamera merupakan sebuah kode angka yang diberikan oleh manufaktur kamera pada setiap kamera yang diproduksinya sehingga setiap kamera memiliki serial number yang unik. Dengan mencocokan informasi serial number tersebut dengan serial number kamera Anda, maka Anda dapat melakukan pelacakan terhadap kamera tersebut. Situs web yang dapat kita gunakan untuk membantu kita adalah situs Stolen Camera Finder. Situs ini bekerja dengan cara membangun database yang berisi informasi Exif pada foto-foto yang ada di Internet. Kemudian kita bisa mencocokan infromasi serial number yang kita miliki dengan informasi yang ada pada data base tersebut. Sayangnya database yang ada belum selengkap database seperti Google sehingga untuk informasi Exif regional tertentu seperti Asia Tenggara tidak sebanyak informasi yang ada di regional Amerika Utara atau Eropa Barat. Selain itu untuk mendapatkan informasi yang lebih banyak di situs ini, kita diminta untuk menaikkan status keanggotaan ke Pro yang berbayar. Namun demikian untuk fitur yang gratis sudah cukup untuk paling tidak pada contoh kasus berikut:
Menemukan kamera hilang
Pada situs ini Anda bisa input manual serial number dari kamera Anda yang hilang, atau dengan langsung drag and drop salah satu file foto yang pernah Anda buat dengan kamera Anda di halaman utama situs ini. Selanjutnya apabila data serial number tersebut ada dalam database, maka akan akan dimunculkan informasi mengenai alamat situs yang menampilkan foto dari kamera Anda. Dengan demikian Anda bisa cek berdasarkan data Exif asumsi terakhir kali kamera Anda digunakan.
Memeriksa history kamera
Apabila Anda membeli kamera baru, Anda bisa masukkan serial numbernya di situs ini. Apabila muncul hasil dari database maka dapat dipastikan kamera yang Anda beli bukan baru karena sudah pernah ada yang pakai sebelumnya. Selain itu apabila Anda membeli kamera bekas atau second, dengan memasukkan serial number di situs ini Anda bisa cek kamera ini sudah pernah dipakai sejak kapan atau dimana saja dan dalam kondisi seperti apa.
Memeriksa keberadaan foto-foto
Seringkali foto-foto yang merupakan hak cipta fotografer muncul di situs lain tanpa ijin dari si fotografer. Anda bisa masukkan serial number kamera Anda di situs web ini, kemudian situs web ini akan memunculkan informasi di situs mana saja foto kita muncul di Internet (khusus untuk Free member hanya memunculkan 1 situs saja).
Seperti yang saya tulis di atas sebelumnya, sayangnya database yang dimiliki oleh situs ini belum terlalu besar. Saya coba masukkan beberapa serial number dari kamera yang saya miliki dan beberapa teman namun recordnya tidak muncul. Padahal kami sudah sering upload foto ke situs seperti Flickr yang secara otomatis data Exifnya tetap ada (berbeda dengan situs Facebook yang secara otomatis menghapus data Exif begitu foto diupload). Namun demikian dengan semakin bertambah lengkapnya database yang ada pada situs ini, maka kedepannya situs ini dapat benar-benar dapat digunakan untuk menemukan kamera hilang.

Posting Komentar

Support by › | Google Chrome | Mozilla Firefox | Opera | CometBird

Copyright © 2013 Photography | Powered by Onedra | Template by Blogger